Fortuner SUV Terbaik, Impian Keluarga Kami

Posted by Sofhal Jamil on Wednesday, November 14, 2012

Fortuner SUV Terbaik - Memiliki mobil keluarga sendiri, memang sudah menjadi impian keluarga kami. Apalagi di saat-saat dekat dengan liburan sekolah seperti sekarang ini. Kebutuhan akan kendaraan keluarga memang kami perlukan. Keluarga kami tidak banyak mau-nya, cuma mobil tersebut harus  nyaman dan aman, irit serta yang terpenting harus mampu membawa kami sekeluarga dalam sekali angkut, hehehe.

Setelah berhari-hari menggunakan bantuan mbah google (www.google.com) dan tanya sana-sini, hasilnya adalah Fortuner SUV Terbaik untuk keluarga kami. Berikut hasil googling dan Tanya sana-sini yang kami lakukan :

1.    Kenyamanan

Dengan badan (bodi) yang bongsor, mas Fortuner sanggup berlari dengan kecepatan 140 km/jam hingga 145 km/jam di jalan tol. Tentu aja, ini jalan tol keluar kota ya, bukan jalan tol dalam kota.  Khususnya performa transmisi Matik 5-speed yang responsive, sangat cocok saat digunakan untuk melewati jalan bertanjakan yang terjal, kemampuan mesin diesel matik khas Fortuner dapat diandalkan. Yang lebih menyenangkan lagi, meski digunakan dijalan bertanjakan tadi, suara keras yang biasa keluar dari mesin diesel, terdengar cukup senyap, bahkan untuk memindahkan tuas transmisinya ke D-3 dapat dilakukan dengan sangat halus.



Oh, ya. Tips di atas,memindahkan transmisi ke D-3, adalah salah satu trik menghadapi jalan mendaki yang terjal. Trik ini menyebabkan putaran mesin menjadi naik hingga menyebabkan torsi puncak mesin tercapai. Hasilnya laju Fortuner Diesel bertransmisi otomatik bertambah cepat dan sanggup melewati tanjakan yang terjal.

2.    Keamanan

Kami cukup puas akan kenyamanan mesin mas Fortuner SUV Terbaik kami, sekarang saatnya untuk mengorek informasi tentang tingkat keamanan mobil khususnya sistem pengereman (breaking system). Dari googling, ternyata banyak sekali masukan bahwa breaking system yang dimiliki mas Fortuner SUV Terbaik kami ini, sangat baik. Seperti diceritakan oleh seorang wartawan majalah Otomotif  yang mengaku nyaris saja menabrak pengendara motor yang berhenti mendadak di depannya, karena panic ia langsung menginjak pedal rem sekuat-kuatnya dan Alhamdulillah breaking system mas Fortuner bekerja dengan sangat baik sehingga insiden tersebut, tidak terjadi.

Breaking system yang Akurat tersebut terjadi karena Toyota Fortuner telah dilengkapi dengan ABS dan EBD yang membuatnya tetap terkendali. Dengan pengalaman ini sekali lagi membuktikan bahwa biarpun mas Fortuner berbodi bongsor, tetapi tetap aman dan nyaman saat dikendarai.

Sebagai bahan referensi, pengertian anti-lock breaking system (ABS) atau Sistem rem anti terkunci merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras. Sistem ini diadopsi dari teknologi serupa di pesawat terbang. sistem yang mencegah roda terkunci pada pengereman mendadak. Roda yang terkunci pada pengereman akan membuat kendaraan tidak terkendali & bisa mengakibatkan kecelakaan. Jika sensor ABS mendeteksi salah satu/semua roda terkunci, dia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan sejenak jepitan kampas rem, kemudian menjepit lagi setelah roda berputar. Proses ini bisa berlangsung sangat cepat, sampai 15x tiap detiknya, sehingga pedal rem terasa sedikit bergetar. Manfaat nyata ABS adalah memperpendek jarak pengereman.

 

Sedang EBD (Electronic Brakeforce Distribution) adalah suatu sistem, yg bisa mengatur tekanan minyak rem yang berbeda-beda ke setiap roda berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, beban dan factor-faktor lain. Bekerja sama dengan ABS, EBD akan membagi dan mengatur tekanan rem yang tepat ke setiap roda agar roda yang slip bisa kembali mendapatkan daya cengkeram dan roda yg menapak jalan bisa melakukan pengereman sehingga kendaraan bisa terkontrol.



Tips lainnya dalam hal keselamatan adalah perhatikan tekanan ban pada seluruh roda. Gunakan tekanan ban normal yaitu 32 psi, dijamin para penumpang tak sampai bergoyang dangdut apalagi goyang patah-path sewaktu melewati jalanan yang tidak rata, bergelombang dan berlubang.

3.    Irit

Untuk konsumsi bahan bakarnya, kami pikir mas Fortuner kami cukup hemat alias irit. Dengan bodinya yang bongsor, SUV Terbaik seharga 300 juta-an ini tergolong hemat.



Pada kondisi lalu lintas yang padat seperti di Jakarta, konsumsi bahan bakarnya berkisar 9 km/liter. Sedang kalau dipakai untuk ke luar kota bisa berkisar 10 km/liter. Sewaktu dipakai melaju dengan kecepatan 100 km/jam di jalan tol, konsumsi bahan bakarnya jauh lebih irit lagi yaitu 15 km/liter.
Istimewanya mas Fortuner ini adalah bisa menggunakan solar lokal. Karena filter bahan bakarnya sudah disesuaikan dengan solar lokal sehingga lebih ekonomis untuk melakukan perjalanan jauh.

4.    Lapang dan Luas

Terakhir keistimewaan mas Fortuner SUV Terbaik ini adalah ruang lega dan lapang, bisa untuk memuat tujuh penumpang plus interior mewah. Malah ada yang bilang cocok untuk mengangkut 10 orang dengan komposisi 4 dewasa dan 6 anak-anak!


Oh ya, Fortuner ini juga sudah diujicoba dalam Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu. Ekspedisi melintasi puluhan negara dengan jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Italia itu menjadi etalase keunggulan produk dalam negeri.




So, Gak salah kan, kalau Fortuner SUV Terbaik untuk keluarga kami, meski masih menjadi Impian Keluarga kami.

FORTUNER SUV Terbaik •    GRAND NEW FORTUNER VN Turbo
•    Mesin                       : IL 4Cyl, 16 Valve DOHC, VN Turbo Intercooler
•    Kapasitas                 : 2494 cc
•    Tenaga                     : 144 / 3,400
•    Torsi                        : 35 / 1,600 2,800
•    Bobot                      : 2.380 kg
•    Transmisi                : Otomatis, 5-speed
•    Dimensi (p x l x t)  : 4.695x 1.840x 1850 mm
•    Sumbu roda            : 2.750 mm
•    Ground clearance    : 220 mm

Bahan Referensi :

  • http://www.toyota.astra.co.id/product/?page=product&model=Fortuner#
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_rem_anti_terkunci
  • http://triatmono.wordpress.com/2012/08/02/sekilas-tentang-electronic-brakeforce-distribution-ebd/
  • http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110626014158AAv536i
  • http://www.toyota.astra.co.id/product/article.php?id=2633&node=%2Fcars%2Fmedia_review%2Ffortuner&return=%2Fproduct%2Farticlelist.php%3Fnode%3D%252Fcars%252Fmedia_review%252Ffortuner%26p%3D4
  • http://www.toyota.astra.co.id/product/article.php?id=2622&node=%2Fcars%2Fmedia_review%2Ffortuner&return=%2Fproduct%2Farticlelist.php%3Fnode%3D%252Fcars%252Fmedia_review%252Ffortuner%26p%3D4
  • http://www.toyota-mideast.com/sequoia/safety.html
(Fortuner SUV Terbaik)

Artikel Terkait:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment